Minggu, 04 Desember 2016

Hybrid Cloud Infrastructure Introduction - Ulasan 1

Hai, dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai Hybrid Cloud Infrastructure Introduction yang diunggah oleh akun Eli the Computer Guy pada tanggal 9 Desember 2015. Video ini dapat diakses pada tautan https://www.youtube.com/watch?v=UGryoLpCA7M dengan durasi 45:26 menit. Video ini terbagi dalam enam bagian, yaitu 1) What makes a hybrid cloud infrastucture?, 2)What is needed to hybrid cloud infrastructure, 3)Why start to migrate now?, 4)Providers of hybrid cloud infrastructure, 5)Is hybrid cloud infrastructure secure?, dan 6)Final thought.

Berikut ringkasan dari ke-enam bagian pada video ini:
1) What makes a hybrid cloud infrastucture?
Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Hybrid Cloud Infrastructure itu? Teknologi ini memanfaatkan cloud, sebuah teknologi yang sedang berkembang pada saat ini untuk penyimpanan data. Membuatnya terbagi ke dalam private dan public Cloud. Teknologi ini memungkinkan kita untuk melakukan duplikasi penyimpanan di private cloud  (terkadang disebut local) dan juga public cloud. Setiap sistem penyimpanan private dan public masing-masing berdiri sendiri, dan mendistribusikannya kebanyak tempat sehingga sistem menjadi robust dan tidak khawatir akan kehilangan data.

2) What is needed to hybrid cloud infrastructure?
Hal yang harus dibutuhkan untuk membangun infrastruktur hybrid ini ialah virtualisasi di cloud service yang kita miliki. Lalu, cloud service tersebut juga harus memiliki webservice agar dapat diakses oleh pihak ketiga, salah satunya yaitu local directory. Kita juga dapat membuat jaringan pribadi, virtual machine sehingga semuanya dapat menjadi robust.

3) Why start to migrate now?
Kenapa harus pindah sekarang? Padahal sistem yang kita miliki sekarang sudah bisa dikatakan baik. Karena hybrid cloud ini nantinya akan berkembang, dan kita memiliki peluang untuk bergantung dengan sistem ini. Sekarang saatnya yang tepat, sebelum kita mulai bergantung, saat ini kita masih dapat mempunyai tempat untuk melakukan kesalahan. Sehingga jika terjadi kesalahan, biaya yang dikeluarkan untuk penyesuaian tidaklah mahal.

4) Providers of hybrid cloud infrastructure
Ada tiga pemain utama dalam bisnis ini, yaitu: Amazon Web Service, Microsoft Azure, dan VMware Remote Console (VMRC). Dari ketiga pilihan tersebut manakah yang paling baik? Tidak ada. Tergantung dari kebutuhan kita.

5) Is hybrid cloud infrastructure secure?
Saat semua server yang sudah tersambung ke internet, termasuk local directory dapat dikatakan cloud. Jika dilihat dari segi fisik, local directory dapat disentuh dan dilihat secara fisik mesin tempat data tersebut disimpan. Karena, dapat disentuh dan dilihat lebih tidak aman jika terjadi gangguan ataupun bencana alam. Untuk keamanan, juga belum tentu memiliki enkripsi sehingga bisa dapat diakses langsung oleh orang yang menyentuh penyimpanan tersebut. Cloud, walaupun kita tidak dapat melihat mesin penyimpanannya, bisa dikatakan lebih aman karena data didistribusikan tetapi tetap ada ancaman jika ada orang yang mampu menembus enkripsi yang dimilki.

6) Final thought
Harus dapat memilih servis yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ini akan sangat berkembang nantinya dan merupakan ide yang bagus dan futuristik serta pengguna harus dapat menentukan arsitektur yang sesuai sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Menurut saya sendiri, ide ini sangat menarik karena di masa yang akan datang, manusia akan semakin bergantung dengan komputer. Jika penyimpanan tidak dilakukan distribusi, maka akan banyak data yang hilang. Tetapi sistem ini, juga membutuhkan storage yang besar. Jika terjadi gangguan pada satu penyimpanan, masih dapat diakses dari lokasi lainnya. Hanya saja, kita harus berhati-hati dalam menentukan data apa yang akan kita simpan pada sistem ini, karena merupakan sistem yang terdistribusi, sehingga jika kita ingin menghapusnya belum tentu terhapus total, karena mungkin saja masih disimpan di sebuah server yang kita tidak tahu dimana lokasinya. Video ini sangat disarankan untuk ditonton sebagai panduan awal untuk mengetahui mengenai Hybrid Cloud Infrastructure. 

Github Account : github.com/ibaadee
URL Ulasan : https://otonaenomichi.blogspot.co.id/2016/12/hybrid-cloud-infrastructure.html
Video Author : Eli The Computer Guy
URL Video : https://www.youtube.com/watch?v=UGryoLpCA7M
Durasi : 45 menit 26 detik
Submitted on December 2nd, 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar